Tips Android: 4 Cara Presentasi Menggunakan Smartphone Si Robot Hijau

0
117

Beberapa waktu yang lalu ada ulasan tentang bagaimana cara presentasi dengan menggunakan perangkat iOS. Setelah sibuk cari-cari, akhirnya saya menemukan cara untuk melakukan hal yang sama, kali ini menggunakan perangkat si robot hijau Android. Ada 4 cara pelakukaan presentasi menggunakan Android, dan ini ulasannya.

kartun

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu kadang menimbulkan decak kagum bagi para pengamatnya. Setelah dikejutkan dengan beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh ponsel masa kini, kini para pengamat teknologi dan para pebisnis dapat menggunakan Android kesayangan untuk melakukan berbagai hal, salah satunya adalah sebagai media presentasi pada suatu meeting. Sebagai media presentasi, ada beberapa kemampuan yng diusung Android melalui beberapa aplikasi. Bahkan ada satu perangkat Android yang memang dikhususkan untuk menjadi proyektor.

Share bahan meeting menggunakan aplikasi
Salah satu cara presentasi dan meeting tanpa harus berkumpul di satu ruangan. Dengan menggunakan aplikasi yang tergolong pada kategori ini, kita dapat mengupload bahan presentasi kita ke cloud storage, dan akan dishare ke orang-orang yang kita kehendaki. Dengan begini setiap peserta presentasi akan memiliki file yang sama yang terpampang di layar mereka.

mighty meeting2

Menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah. Salah satu contohnya, Mighty Meeting, memberikan keleluasaan untuk para peserta meeting untuk mengikuti meetingnya tanpa harus menginstall aplikasi. Cukup dengan membuka link tertentu di browser, maka peserta meeting tadi akan segera siap mengikuti diskusi. Segala bentuk komunikasi akan dapat disampaikan secara audio maupun tekstual.

Link Mighty Meeting: Google Play, 2.4MB, grati 2 minggu pertama (US$ 4.99/bulan)

Share kontrol menggunakan aplikasi
Ini adalah salah satu cara yang juga banyak disukai oleh pengguna Android. Menggunakan aplikasi ini, kita bisa ‘membagi’ apa yang tampil pada layar perangkat kita ke beberapa orang. Ideal untuk persentasi dengan rekan kerja yang jauh disana, aplikasi seperti ini mampu dikendalikan oleh 2 presentator atau lebih. Sistem share control seperti ini memang cocok untuk presentasi dengan rekan kerja dimana mereka juga mampu melakukan berbagai hal pada dokumen bahan presentasi.

joinme1

 

Salah satu contoh aplikasi yang mendukung fitur share kontrol ini adalah Join.me. Pengguna aplikasi ini juga tidak perlu menginstall aplikasinya sebelum ikut diskusi, cukup dengan mengetikkan URL unik dari meeting yang akan diadakan, dan mereka akan terhubung dalam waktu singkat.

Link Join.Me: Google Play, ukuran variatif, gratis.

Membuat materi sambil presentasi dengan bantuan aplikasi
Seringkali, rencana yang disiusun sebelumnya melenceng agak jauh karena masukan dari para peserta meeting. Untuk menangani hal ini, ada aplikasi yang melengkapi diri dengan fitur full edit, yang sangat bagus untuk membuat bahan materi selagi menjelaskan prosesnya kepada para peserta meeting. Proses editing yang mudah menjadi senjata andaan untuk aplikasi ini.Tentu saja, peserta meeting dapat melihat apa saja yang Anda lakukan pada aplikasi ini, karena segala aktivitas di layar perangkat Anda juga akan terlihat di perangkat mereka.

Contoh aplikasi yang masuk di kategori ini adalah Slide Rocket

 

galaxy beam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here