Mi Band (Xiaomi)

0
111

Xiao Mi meluncurkan suatu produk wearable, yang namanya Mi Band. Mi Band ini merupakan produk seperti jam tangan yang dapat mengukur langkah-langkah kita, digabung dengan konektivitas ke handphone, dan fitur getaran. Ini bukan seperti google watch yang ada layarnya. Ini cuma ada bintik lampu 3 (biasanya hijau, kalau sudah habis batere warnanya jadi merah).

My Mi Band

Saya membelinya di Erastore (Erajaya) Bandung Elektronik Center yang berada di jalan Purnawarman. Sebenarnya bisa saja membeli di online store, hanya saja harus menunggu beberapa hari. Harga di online store (erajaya store) dan di erajaya toko berbeda Rp 25.000 (Harganya dari Rp 250.000 jadi Rp 275.000). Mi Band yang tersedia ternyata hanya warna hitam, baik di toko maupun di online store. Karena memang saya tidak terlalu masalah dengan warna hitam, akhirnya barang itu pun saya ambil.

Jumlah Langkah
Jumlah Langkah
Report Tiap Hari
Report Tiap Hari
Deep Sleep
Deep Sleep
Mi Band - Alarm
Mi Band – Alarm

Proses pemasangannya tidak begitu sulit, setelah membuka kemasannya, kita harus mengchargenya beberapa jam sebelum dipakai. Kita hanya diberikan kabel dengan ujung yang berbeda untuk mencharge Mi Band ini, adaptornya sendiri tidak termasuk. Kita bisa menggunakan adaptor yang biasa kita gunakan untuk handphone.

IMG_20151127_194708

Kita perlu menginstall aplikasi Mifit yang ada di Google Play untuk menggunakannya. Setelahnya harus mengkonek antara Mi Band dengan apps kita.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.xiaomi.hm.health

mi fit store

Nah ini cerita pengalaman yang dirasakan penulis.

  • Karena kita jadi bisa mengecheck berapa langkah yang sudah dilakukan, berapa kalori, dan berapa targetnya. Kita jadi terpicu untuk melakukan olah raga. Penting untuk orang-orang yang sering duduk di kursi.
  • Kita juga bisa mengecheck waktu itu tidur kita. Jangan-jangan malah kebluk kebanyakan. 😀
  • Fitur getar, misalnya jika ada telpon masuk ke handphone. Handphone kita di silent ditaruh cukup jauh dari kita. Kita tetap merasakan getaran telpon. Fitur getar ini juga bisa disambungkan dengan aplikasi lain yang kita ingin dinotif, misalnya BBM, Whatsapp, dll.
  • Alarm. Dengan alarm yang bergetar di tangan. Kita akan merasa diganggu dan cepat bangun.
  • Kita juga bisa lock handphone kita, dan kita nyalakan fitur “unlock with band”. Dengan demikian, jika kita membuka handphone kita ketika kita dekat dengan Mi Band, kita tidak perlu menggunakan password. Kalau handphonenya dicuri (amit-amit), maka handphone tersebut akan ter-lock.
  • Katanya Mi Band kuat air loh. Saya sih sering cuci tangan, dipake mandi, aman sentosa. Untuk berenang belum sempat dicoba.

Beberapa orang yang sering bertanya perihal Mi Band ini adalah:

  • Apakah Mi Band ini dapat digunakan dengan ponsel android yang lain? Jawabannya bisa. Awalnya saya menggunakan Redmi 2 Prime, baru belakangan saya menggunakan Oneplus 2. Dua-duanya lancar tanpa masalah. Termasuk fitur “unlock phone with mi band”. Appsnya juga bisa connect / sync ke Google Fit. Mi Band ini juga baterenya kuat sekali, lebih dari 1 minggu.
  • Apakah dengan menggunakan Mi Band ini kita harus juga membawa handphone dekat dengan kita? jawabnya tidak usah. Di Mi Band ini sendiri sudah ada memorynya. Jika diperlukan baru di sync.

Untuk info lebih lanjut bisa akses: http://www.mi.com/en/miband/#09

Yang lucunya, setelah pakai ini malah jadi serem nih, saya kebanyakan duduk di komputer jarang bergerak. Tidur juga kurang. Tapi bagusnya ini memicu untuk mulai Olah Raga. Kadang kalau kita udah berjalan jauh, eh ternyata Mi Band-nya ketinggalan bikin kecewa (rugi).

Apakah teman-teman ada yang punya pengalaman menarik?

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here