Cara Mudah Unroot Perangkat Android

Avatar ESTi

Apabila Anda membaca artikel ini dengan seksama, berarti Anda merupakan salah satu pengguna Android yang tertarik untuk menerapkan proses rooting pada perangkat kesayangan Anda, atau Anda ingin melakukan proses unroot dengan mudah. Ya, Dengan cara ini, proses unroot akan dapat dilakukan tanpa proses yang rumit.

rooting_pic1rooting_pic2

Root dan Unroot, Keuntungan dan Kerugiannya
Proses rooting banyak sekali manfaatnya, diantaranya kita bisa melakukn berbagai kustomisasi dari tampilan maupun sistem perangkat Android kesayangan. Selain itu, Kita juga dapat mengoptimalkan kinerja Android, jauh lebih baik dibandingkan dengan perangkat yang belum di-unroot. Beberapa aplikasi utility menarik yang mampu melakukan berbagai proses backup juga hanya dapat melakukan kerjnya dengan baik jika perangkat Anda telah di-root.

Namun proses rooting juga memiliki kerugian yang lumayan beresiko. Selain garansinya hngus, juga ada kemungkinan perangkat akan berada pada kondisi brick, yaitu kondisi dimana operating system dari Android tidak dapat di-load dan menyebabkan smartphone itu rusak total. Besar sekali resiko rooting Android, ya? Namun jangan takut, segala hal yang berkaitan dengan OS akan lancar untuk dilakukan apabila kita mengikuti berbagai tutorial dari sumber yang terpercaya.

universal unroot_pic1

Langkah Melakukan Proses Unroot Dengan Mudah
Anda dapat melakukan proses unroot dengan mudah menggunakan aplikasi yang bernama Universal Unroot, sebuah aplikasi unroot yang dikembangkan oleh sebuah developer bernama Batakang. Caranya cukup mudah, tinggal mengunduh aplikasinya dari Google Play, membukany, kemudian melakukan konfirmasi unroot dengan satu kali sentuhan dan prosesnya akan berjalan.

Sayangnya, aplikasi ini tidak mendukung sebagian kecil Android. Jika Anda mendapati aplikasi ini tidak berfungsi untuk perangkat Anda, mungkin perangkat tersebut merupakan salah satud ari sebagian kecil yang dimaksud. plikasi ini juga tidak dapat melakukan proses pengembalian terhadap perubahan sistems eperti debloating, custom Kernel, custom ROM, dan lain-lain. Perangkat Anda harus diflash terlebih dahulu untuk penghilangkan semua modifikasinya, baru aplikasi ini dapat digunakan.

Cara Mendapatkan Aplikasi
Aplikasi Universal Unroot ini dilepas di Google Play dengan ukuran 2.7 MB. Sayangnya, Universal Unroot dilepas dengan berbayar. Anda harus merogoh kocek sebesar US$ 0.99 untuk mendapatkan Universal Unroot, satu aplikasi yang sangat berguna ini.

Link download: Android (Google Play, 2.7 MB, US$ 0.99)

 

Sumber:
play.google.com

Share this

Blog terkait

Komentar