RAM Expander, Manfaatkan SD Card Untuk Menambah Kapasitas Ram Secara Virtual

Avatar bagaskara

RAM pada perangkat Android memang memiliki berbagai ukuran. Biasanya pengguna Android dengan kapasitas RAM yang tidak banyak sering mengeluhkan tentang banyak game bagus yang ngelag. Banyak pula keluhan tentang multitaskingnya yang berjalan lambat. Kini dengan Ram Expander dari sebuah developer bernama Roehsoft, hal ini bisa diatasi.

RAM Expander_pic1

Roehsoft RAM expander merupakan sebuah aplikasi yang mampu membuat sebuah kapasitas virtual RAM pada perangkat Android Anda. Biasanya virtual RAM ini ada pada SD Card yang kita gunakan. Virtual RAM ini dapat dibuat dengan cara mengadakan sebuah partisi baru di SD Card yang memang khusus dibuat untuk virtual RAM. Partisi baru ini dinamakan swap partition.

Untuk Linux, kita bisa membuat pastisi swap yang gunanya sebagai virtual RAM. Jadi tidak sama dengan windows. Aplikasi RAM Expander ini mampu untuk mendeteksi perangkat yang Anda gunakan, apakah bisa menggunakan RAM expander ini, bahkan berapa besar partisi swap yang direkomendasikan.

RAM Expander_pic2

Sayangnya, tidak semua perangkat Android didukung oleh aplikasi ini. Sebelum mendownload aplikasi RAM Expander ini, ada baiknya Anda mengecek compatibility-nya terlebih dahulu lewat aplikasi tambahan yang bernama MemoryInfo & Swapfile Check yang sama-sama dikeluarkan oleh Roehsoft. Aplikasi checker ini dilepas gratis di Google Play dan berukuran sebesar 225 KB.

RAM Expander_pic3

Jika aplikasi MemoryInfo & Swapfile Check ini menyebutkan bahwa perangkat Anda cocok dengan aplikasi RAM Expandernya, Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut untuk mulai memproses perangkat Android Anda. Jika sudah terproses, Android Anda pasti akan bekerja lebih cepat, tidak ngelag, dan dapat bekerja seperti layaknya perangkat lain yang memiliki RAM lebih besar.

RAM Expander ini dilepas di Google Play dengan harga US$ 8.95 dan memiliki ukuran sebesar 321 KB. Mahal sekali, memang, tapi manfaatnya pasti akan membuat Anda puas.

 

Sumber:
play.google.com

Share this

Blog terkait

Komentar