Advanced Tips: Menambah Kapasitas Memori Internal BB Dengan Metode Shrink OS

Avatar erShin

Banyak keluhan tentang kecilnya memori internal dari beberapa tipe BlackBerry. Terkadang, sisa memori internalnya hanya sekitar beberapa puluh MB saja. Penggunanya terpaksa harus menghapus aplikasi jika ingin menambah aplikasi baru. Sedikit menggangu, terutama untuk pengguna yang gemar menggunakan berbagai aplikasi.

bb_boss

Sebenarnya ada cara untuk "menambah" kapasitas memori internal dari BlackBerry. Mengapa ada tanda kutip? Karena proses penambahan tersebut dilakukan dengan cara menghilangkan beberapa hal dari OS BlackBerry. Jadi yang dilakukan sebenarnya hanya memperkecil ukuran OS dengan cara menghapus hal-hal yang tidak pernah digunakan. Dengan ukuran OS yang lebih kecil, tentu ruang kosong di memori internal jadi sedikit lebih besar. Proses ini dinamakan shrinking OS. Pada beberapa kasus, shrinking dapat memperkecil ukuran OS dari +100MB menjadi 30-75MB, tergantung sebanyak apa hal yang dihapus.

Hal ini bukannya tanpa resiko. menghilangkan file yang salah akan menyebabkan bricking pada BlackBerry, yaitu suatu keadaan dimana sebuah perangkat gagal meload operating systemnya. Lakukan proses ini secara hati-hati.

Ada banyak software shrinking OS, dua diantaranya adalah BB Boss dan Shrink A OS. Cara kerja keduanya nyaris sama. Pertama kita harus memiliki installer OS yang akan di-shrink. Jalankan aplikasi shrinking, pilih mana saja yang akan di-shrink (mayoritas orang menghilangkan banyak pilihan bahasa karena dianggap tidak penting), lakukan modifikasi lain jika perlu, dan terakhir load OS yang sudah di-shrink ini ke dalam perangkat.

Ada baiknya perangkat kita di-backup terlebih dahulu. Bagi para pengguna BlackBerry yang berminat shrinking OS-nya, bisa mempelajari langkah-langkah detil dari proses shrinking di sini.

Ingat, proses ini beresiko. Bijak-bijaklah dalam menjalankan prosesnya.

 

Sumber:
unlocker.blackberry.com
berryview.com
berryindo.com

Share this

Blog terkait

Komentar