Aplikasi Android Untuk Tuna Netra

Avatar linamaya

Dulu, handphone nyaris mustahil digunakan oleh penderita tunanetra, karena seluruh pengoperasiannya bergantung pada penglihatan. Pada era tombol qwerty sedang marak, hal ini dipersulit lagi dengan makin banyaknya tombol yang harus ditekan.

keyboard_georgiatech

Kini, pada era touchscreen, penderita tunanetra dimudahkan dengan adanya teknologi baru besutan Georgia Tech, Amerika. Teknologi ini memungkinkan seseorang bisa menginstall sebuah aplikasi pada smartphonenya, yang jika diaktifkan, akan memunculkan 6 keyboard virtual yang merupakan hasil adaptasi dari keyboard mesin ketik braille.

Fitur ini dipermudah dengan hadirnya VoiceOver di iPhone atau fitur sejenis di ponsel Android. Dengan fitur ini, pengguna handset tersebut dapat menjelajahi smartphonenya sesuai dengan suara yang didengar tiap layar handset disentuh.

Namun mengetik masih menyulitkan untuk pengguna tunanetra. meskipun telah ada aplikasi pendukungnya, namun butuh waktu yang lumayan lama untuk mengetikkan satu kata. Semoga aplikasi ini makin disempunakan kedepannya.

 

Sumber:
detikinet.com

Share this

Blog terkait

Komentar