Trend SIMcard Berukuran Kecil, MicroSIM

Avatar sagita

Lumia 800 dan Lumia 710 menggunakan microSIM dalam pengoperasiannya. Tidak hanya Nokia, beberapa perangkat besutan Apple pun sudah mulai menggunakan microSIM. Sebetulnya, hampir tidak ada bedanya antara microSIM dan SIMcard, khususnya dalam hal fungsionalitasnya. Paling-paling yang berbeda hanya ukurannya. Lantas bagaimana kalau kita ingin membeli Lumia, misalnya, tidak ingin ganti nomor, sementara SIMcard kita terlalu besar untuk slot microSIM?

microSIM

Mudah, potong saja SIMcard kita dengan alat pemotong miniSIM. Atau kalau ingin sedikit repot, bisa saja momotong SIMcard menggunakan cutter, tapi sebaiknya hal ini dilakukan dengan hati-hati supaya tidak merusak lempeng emas pada SIMcard. Kalau ingin praktis, kita bisa bawa SIMcard ke toko/counter HP tertentu dan memakai jasa mereka, dengan timbal balik beberapa puluh ribu rupiah. Bahkan kini tersedia juga microSIM adapter yang dapat membuat microSIM kita (atau simCARD biasa yang sudah dipotong) bisa dipasang di perangkat yang membutuhkan SIMcard berukuran biasa.

Apakah hal microSIM ini merupakan indikasi bahwa ukuran SIMcard di masa mendatang akan dipenuhi oleh microSIM, menggantikan SIMcard yang selama ini kita kenal? Kita tunggu saja.

 

dari berbagai sumber

Share this

Blog terkait

Komentar