Keunggulan dan Kelemahan BlackBerry

Avatar bagaskara


Sebagai ponsel yang banyak digunakan di Indonesia, tentunya BlackBerry memiliki keunggulan-keunggulan yang membuatnya menjadi laris manis di pasaran. Namun sebagus-bagusnya BlackBerry, tentu juga memiliki kelemahan. Berikut adalah list keunggulan dan kelemahan BlackBerry, ditujukan untuk Anda yang berniat untuk memiliki handset andal ini.

Keunggulan BlackBerry adalah:

  1. Mudah untuk digunakan
    Keypadnya yang QWERTY memudahkan navigasi bagi penggunanya yang terbiasa memakai komputer pada kehidupan sehari-hari. Layarnya yang besar memudahkan penggunanya untuk melihat informasi secara lebih lengkap, dan bentuknya yang lebar pun masih nyaman digenggam.
  2. Desain bagus
    Dilihat dari segi fisik, BlackBerry merupakan paduan antara estetika dan efisiensi. Sederhana, namun optimal untuk mendukung penggunaannya.
  3. Konektivitas keren
    Hampir semua BlackBerry keluaran terbaru bersifat multi-band dan quad-band sehingga tetap dapat digunakan di berbagai negara yang menggunakan jaringan GSM.
  4. Layanan Push e-mail
    BlackBerry merupakan pelopor layanan push untuk handset. Dengan layanan ini, pengguna BB tidak harus membuka emailnya melalui browser untuk mengecek. BlackBerry dapat langsung menampilkan tiap e-mail yang masuk, secara otomatis, selama alamat e-mail itu telah diintegrasikan dengan handset BlackBerry.
  5. Layanan pesan instan
    Banyak layanan pesan instan yang telah bekerja sama dengan BlackBerry, yaitu Yahoo Messenger, MSN Messenger, GTalk, serta ada juga messenger bawaan BlackBerry, BlackBerry Messenger.
  6. Fasilitas GPS dan Peta
  7. BlackBerry termasuk handset yang kuat dan awet
    Banyak pendapat yang mengatakan bahwa BB lebih tangguh dari handset kebanyakan.

Kelemahan BlackBerry antara lain:

  1. Hilangnya e-mail satu per satu
    Hasil sementara menyebutkan bahwa hal ini ada kaitannya dengan mengecilnya memori internal BlackBerry, sehingga untuk menaikkan kapasitasnya, beberapa SMS atau e-mail akan dihapus. Gejala ini makin berkurang di OS yang lebih baru.
  2. Handal, apabila si pengguna menguasai pengoperasiannya
    BlackBerry memang sangat praktis, apabila Anda tahu cara menggunakannya. Kebanyakan orang masih terbiasa dengan gaya handset-handset sebelum BlackBerry dan masih menggunakan pola yang sama untuk mengoperasikan BlackBerry, padahal BlackBerry dapat melakukan hal yang dimaksud, mungkin dengan cara yang jauh lebih praktis.
  3. Harga BlackBerry lebih mahal dari handset biasa
    Dengan spesifikasi hampir mirip, BlackBerry cenderung sedikit lebih mahal dari handset keluaran para pesaingnya. BlackBerry juga memiliki jaringan data khusus, dan penggunanya harus merogoh kantong lebih dalam apabila ingin berlangganan paket datanya. Pulsa untuk telepon dan SMS belum termasuk biaya berlangganan paket data tadi.
  4. Tidak leluasa gonta-ganti SIM Card
    Karena sistem berlangganannya, para pengguna tidak dapat begitu saja mengganti SIM Cardnya. Kelebihannya, apabila handset hilang, pengguna dapat langsung melapor pada operator untuk mengunci fitur paket data BlackBerrynya. Kekurangannya, apabila hendak ganti SIM Card, proses yang harus dilewati akan merepotkan.
  5. Harus sering back-up data
    Penggunaan BlackBerry secara optimal berarti sering menghubungkan handset kesayangan dengan desktop PC/laptop. Kemungkinan untuk terhapusnya data karena proses-proses tertentu pun jadi makin besar. Maka dari itu, proses backup harus dilakukan secara rutin.

BB_collection

Sumber:
Panduan Praktis Memilih & Membeli BlackBerry

Share this

Blog terkait

Komentar