Ericsson R190 Ponsel Satelit dan GSM

Avatar rahmat

Ponsel R190 Super GSM dari Ericcson ini memiliki dua kemampuan jalur komunikasi yaitu satelit dan GSM. Berkat kecanggihan itu, tak ada lagi kesulitan berkomunikasi seandainya si pemakai berada di wilayah blank spot sekalipun. Beratnya pun hanya 200 gram.

Dengan ponsel ini, wilayah yang tak terliput oleh jalur GSM dari operator yang beroperasi disini bukan persoalan lagi. Tinggal ganti antena, maka pemakainya sudah bisa berkomunikasi kemana saja. Hebatnya, kualitas suaranya cukup baik sebab tak terputus-putus dan jernih. Tapi wilayah yang diliputnya adalah area Asia Pasifik yang bisa dijangkau oleh jaringan regional satelit milik ACeS dan satelit Garuda-1.

Jaringan satelit ACeS mencakup wilayah yang ditempati oleh 3 miliar umat manusia, juga meliputi 24 negara. Batas jangkauan satelit ini adalah India dan Pakistan di Barat, Pilipina dan Papua Nugini di Timur, Jepang dan Cina di Utara dan Indonesia di sebelah Selatan.

Ponsel R190 Super GSM berfungsi dengan empat pilihan sistem. Yaitu, GSM Preferred (GSM dulu baru cari jalur satelit), GSM Only (hanya cari jalur GSM), Satellite Preferred (Satelit dulu baru cari jalur GSM), Satellite Only (hanya mencari jalur satelit)

Fungsi jalur satelit bisa digunakan karena menggunakan kartu BYRU yang dikeluarkan oleh ACeS. Melalui kartu BYRU ini, pengguna R190 Super GSM bisa menikmati jangkauan komunikasi menyeluruh di seantero Asia Pasifik. Sekaligus kemampuan roaming untuk akses jaringan GSM di seluruh dunia.

Sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi kemampuan tahan air atau tahan goncangan. Kendati banyak dipakai untuk aktivitas luar ruang, ponsel ini belum punya kemampuan itu. Mungkin untuk versi selanjutnya sudah dilengkapi dengan kemampuan seperti itu.

Spesifikasi

Jaringan : ACeS satelite Network & GSM 900 Network
Ukuran : 130 x 50 x 32 mm
Berat : 210 grams dengan Ultra slim baterai
Waktu Bicara : Hingga 2 jam 40 menit (GSM 900 / ACES)
Waktu standby : Hingga 47 jam (GSM 900) 42 jam (ACES)
Pesan :     Short Message Service (GSM only)
Warna : Biru
Antena : GSM dan Satelite
Data / FAx : 600bps (GSM) dan 2400bps (ACES)
Ukuran kartu sim : ISO / small plug-in SIM card
Tegangan : 4 volt
Kualitas suara : FR (full rate) Digital
Memory telepon : 99 + sim

Share this

Blog terkait

Komentar