Apple Memperkenalkan iCloud

Avatar mkboy

Akhirnya Apple memperkenalkan iCloud, suatu teknologi yang sebenarnya tidak terlalu baru, tetapi disempurnakan oleh Apple. Sebelumnya Apple sudah memiliki teknologi cloud yang hampir serupa dengan nama mobile.me, space dan koneksi yang harus dibayar untuk menggunakan service ini adalah US$99 / tahun.

Penggunaan iCloud ini di dalam produk-produk apple mempengaruhi banyak hal. Yang terutama ditekankan oleh “Steve Jobs” adalah tidak perlu membuat pengguna berpikir. Mereka tidak perlu belajar lagi untuk mempergunakan iCloud. Aplikasi-aplikasi tersebut secara otomatis akan berjalan.

Contoh penggunaan iCloud misalnya pada daftar kontak (Contacts). Jika kita memiliki banyak device apple, dengan adanya iCloud maka jika kita update data di satu device, maka data tersebut otomatis akan di push ke device-device lainnya melalui iCloud.

Bukan hanya contacts, tetapi banyak hal yang akan berubah. Seperti “Calendar”, “Mail”, “Photos”, “Movies”, “Musics”. Dan slogan yang dibawa mereka adalah “it Just works”. Dengan ini juga maka “Steve Jobs” merubah konsep dari pemikiran orang bahwa semua device membutuhkan PC/Mac. Sekarang device tidak membutuhkan hal-hal itu untuk menaruh data dan sync.

Ada beberapa pertanyaan bagi pengguna di Indonesia, seperti bagaimana dengan koneksi internet di Indonesia yang tidak terlalu cepat / stabil? Beberapa paket yang ditawarkan operator-operator di Indonesia biasanya dilimit (500Mb, 1Gb, 2Gb) per bulan. Lalu bagaimana kerahasiaan data tersebut. Semisal salah satu device ada digunakan oleh orang lain. Padahal cukup banyak kejadian karena kekurang telitian pengguna, seperti kasus “Ariel , Luna Maya, Cut Tari”.

iCloud ini free, berbeda dengan pendahulunya “mobile.me”. Apakah ini akan berpengaruh pada pengguna yang biasa melakukan “jailbreak”? Sehingga mereka meninggalkan “jailbreak” untuk mendapatkan solusi iCloud ini?

Share this

Blog terkait

Komentar